Cukup 24

Terkadang saya merasa satu haru satu malam 24 jam itu kurang. Tidak jarang juga saya merasa itu berlebih. Cukup juga pernah saya rasakan. Pasti bukan saya saja yang pernah merasakan demikian. Beberapa waktu lalu saya mencoba bertanya pada beberapa teman. Pertanyaan yang sama

“Menurut kamu 24 jam satu hari satu malam, cukup, kurang atau lebih? alasannya?”

Tidak banyak memang. Paling cuma lima atau enam orang saja. Seperti ini kurang lebih jawaban dari mereka

Teman 1 = “cukup, yak alasannya mang manusia udah kaya gitu, cukup lah”

Teman 2 = “kurang, karena aktivitasku kalau dihitung ga cukup”

Teman 3 = “kalau saat aku sekarang ini kurang, waktu sangat cepat berlalu, karena saat ini aku butuh waktu”

Teman 4 = “cukup, sudah diatur kenapa kita harus bikin aturan lagi”

Teman 5 = “kalau pas lagi pengen malas – malasan atau banyak tugas, 24 kurang. tapi kalau lagi kuliah kerasa lama. jadi ya itu tergantung kondisi kita gimana”

Teman 6 = “yang menciptakan ukuran 24 jam itu manusia. ga ada alasan aku bilang cukup / tidak cukup. Allah menciptakan siang dan malam, dan itu memang cukup untuk manusia hidup di dalamnya untuk beribadah, istirahat dan hidup sosial. manusia sajalah yang membagi – bagikan siang dan malam itu jadi ukuran 24 jam. jadi ya emang ga bisa dibilang cukup apa nggak, karena waktu yang ada ya segitu, mau dijadiin 24 jam atau 60 jam tetep aja waktunya siang dan malam itu”

Itu pendapat dari beberapa teman saya. Ada yang bilang cukup. Ada yang merasa kurang. Ada juga yang tergantung kondisi dan situasi.

Kalau saya sendiri. Saya merasa itu sudah cukup. Alasannya mungkin hampir sama dengan teman no 6. Allah menciptakan segitu itu sudah cukup. Tidak kurang dan tidak lebih. Kalau pun ada yang merasa kurang, menurut saya berarti dia tidak memanfaatkan waktu yang ada dengan baik. Begitu juga kalau yang merasa lebih. Jadi sebanyak apa pun waktu yang diberikan pada kita, kalau tidak dimanfaatkan dengan baik pasti akan merasa kurang. Ini hanya pendapat saya, mungkin masih banyak pendapat yang lain.

4 thoughts on “Cukup 24”

Leave a Reply

