Postingan Saat Hujan

*Note : Jangan mengira ini adalah tulisan puitis, sajak ataupun lainnya yang berbau romantis.

Kalau ditanya “apa yang muncul dipikiranmu saat mendengar kata hujan?” Saya akan menjawab TIDUR. Memang masing – masing orang akan memiliki jawaban yang berbeda. Ada yang bilang ROMANTIS mungkin. Tapi itu ada di nomor sekian setelah tidur bagi saya.

Tapi mengapa rasa “ kantuk” mudah menyerang saat hujan? ehem, begini penjelasan singkatnya

Sebenarnya rasa “melek” dan rasa “kantuk” adalah suatu kondisi yang sudah diatur oleh Reticular Activating System atau RAS. RAS itu suatu bagian dari otak yang terdiri dari beberapa bagian [untuk yang ini tidak saya jelaskan]. Rasa kantuk bisa timbul apabila suatu molekul bernama adenosin tertumpuk pada sistem saraf pusat (otak).

Adenosin yang terkumpul ini akan menyebabkan efek inhibisi atau hambatan pada sistem saraf pusat. Untuk lebih mudahnya beigini, semua hal yang menghambat aktivitas dari RAS akan menyebabkan kita mengantuk. Sebaliknya, semua aktivitas yang memicu RAS akan membuat kita makin “melek”. Ini menjelaskan, mengapa bila pada kondisi sepi, tenang, ataupun misal hujan, kita cenderung mudah “mengantuk”.

Kurang lebih begitu penjelasan sederhana dan singkatnya. Bukan saya bukan mahasiswa kedokteran. Saya juga tidak sempat membaca buku kedokteran yang konon katanya tebal-tebal. Saya cuma baca buku ini, makanya bisa tahu. anak – anak koas pasti sudah tidak asing sama buku ini. Itu juga masih sederhana sekali penjelasannya, kalau ada yang sudah tahu lebih detail silahkan bisa dishare.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s