Selamat Hari Kartini

Emansipasi sekarang sudah merupakan hal yang lumrah. Berkat perjuangan dari R.A Kartini perempuan sekarang bisa merasakan kesempatan yang sama dengan laki – laki. Sama – sama berhak mengenyam pendidikan setinggi – tinggi, tidak lagi melulu soal urusan  dapur. Berhak berkarir dalam bidang apa saja yang diingkan.

Raden Ajeng Kartini lahir 21 April 1879 di Jepara. Dia tidak sempat mengenyam pendidikan yang tinggi. Setelah lulus dari sekolah dasar orang tuanya tidak mengijinkan Kartini untuk melanjutkan sekolah. Kartini di pingit sampai waktu pernikahannya tiba. Keluarganya merupakan keluarga bangsawan yang sangat taat pada adat istiadat.

Sebenarnya Kartini ingin melanjutkan sekolahnya. Tetapi dia mengurungkan niatnya karena tidak diijinkan orang tua. Dia takut dibilang anak durhaka. Walaupun Kartini tidak diijinkan sekolah, tetapi dia tidak menyerah. Dia selalu mengumpulkan buku – buku bacaan dan membacanya di taman rumah. Semua buku dibacanya, termasuk surat kabar. Akhirnya Kartini suka membaca. Apabila dia mengalami kesulitan memahami hal yang dibacanya, dia menanyakan kepada ayahnya.

Dari buku – buku yang dibaca Kartini mulai tertarik dengan cara berpikir wanita eropa. Muncul keinginan untuk bisa memajukan wanita Indonesia. Menurutnya wanita bukan hanya mengurusi masalah dapur saja. Dia lalu mengumpulkan teman – teman wanitanya untuk diajari membaca, menulis dan ilmu pengetahuan lainnya.

Setelah menikah dengan Adipati Joyodiningrat, Kartini pindah ke daerah Rembang. Dengan dukungan dari suaminnya Kartini mendirikan sekolah untuk wanita. “Sekolah Kartini” nama sekolah yang didirikan oleh Kartini. Namun Kartini tidak berumur panjang. Dia meninggal di usia 25 tahun setelah melahirkan anak pertamanya.

Kartini mungkin telah tiada. Tetapi semangat dan cita – citanya akan selalu ada. Selamat Hari Kartini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s