Sekilas tentang Earth Day

Earth day semua pasti sudah tahu apa itu earth day. Kalau ada yang belum tahu saya coba jelaskan sedikit. Earth day itu gerakan untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar. Kepedulian terhadap bumi kita.

Tapi siapakah sebenarnya penggagas dari gerakan earth day?

Earth day digagas oleh Gaylord Nelson. Dia adalah seorang senator. Pertama kali ide ini digagas pada tahun 1969. Namun baru dilaksanakan pada 22 April tahun 1970, di Amerika Serikat.

Kegiatan hari bumi ini sangat penting. Bumi kita sudah semakin tua. Seperti manusia kalau semakin tua semakin banyak organ tubuh yang rusak. Bumi kita juga begitu, sudah banyak bagian – bagian dari bumi ini yang mengalami kerusakan. Baik dari kerusakan alami atau yang disebabkan oleh manusianya sendiri. Dari hutan – hutan yang gundul. Sungai – sungai yang semakin banyak tercemar. Tebing yang longsor dan masih banyak lagi.

Akibat dari kerusakan bumi itu akhirnya juga berimbas pada diri kita. Seperti sekarang ini, yang seharusnya sudah memasuki musim kemarau tapi masih terjadi hujan bahkan banjir di beberapa tempat. Bencana alam yang mulai sering terjadi.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung gerakan ini?

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukung gerakan hari bumi ini. Untuk menjaga kondisi bumi.

1. Membuang sampah pada tempatnya. Jangan buang sampah di sungai. Sudah terlalu kotor sungai kita ini. Jangan ditambah kotor lagi. Kebiasaan membuang sampah akhir di sungai ini masih banyak dijumpai, tak bisa dipungkiri, daerah tempat saya tinggal sekarang masih banyak orang yang melakukannya. Apakah masih belum cukup banjir yang sering melanda akibat macetnya aliran sungai? Padahal sungai yang ada cukup besar. Tetapi banjir masih saja bisa terjadi, karena terhambatnya aliran sungai.

2. Sebisa mungkin pisahkan sampah yang bisa terurai dengan sampah yang sulit terurai. Kurangi penggunaan sampah plastik untuk membungkus. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk diurai oleh tanah.

3. Gunakan bahan – bahan yang mudah didaur ulang. Untuk mengurangi sampah yang ada sebisa mungkin gunakan bahan yang bisa didaur ulang.

4. Mencegah terjadinya penebangan pohon liar. Sudah banyak hutan yang gundul akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Menebang tanpa melakukan penanaman kembali.

5. Lakukan reboisasi terhadap hutan – hutan yang sudah gundul. Semua pasti sudah tahu dengan gundulnya pohon akan mengakibatkan erosi pada tanah. Hal ini bisa menyebabkan tanah longsor.

Selain kegiatan – kegiatan tersebut masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk mendukung hari bumi. Seperti sekarang ini ada kegiatan  Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor. Kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan tiap akhir pekan. Kegiatan CFD ini biasanya dilaksanakan di pusat – pusat kota, misalnya alun- alun. Dilaksanakan pagi hari, biasanya dari jam 5 pagi sampai jam 10 pagi. Kendaraan bermotor dilarang melewati area tersebut. Dan masih banyak lagi hal lain yang bisa dilakukan.

Lalu, apa yang sudah kita lakukan untuk bumi kita hari ini?

2 thoughts on “Sekilas tentang Earth Day”

  1. Saya sih udah bener-bener mengurangi buang sampah sembarangan. Alasannya, saya risih dan malu kalau liat orang buang sampah sembarangan, maka dari itu saya juga gamau ngelakuin itu.
    Terus, kalau jajan-jajan dikampus atau di minimarket, udah jarang minta plastik. Lebih baik langsung dimasukin tas aja.
    Deuh udah ah, komen nya panjang~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s