Puisi “ibuku”

Ini cerita tentang saudara saya yang masih kecil. Saudara cowok saya ini umurnya baru 6 tahun. Tapi tanggal 26 April besok ulang tahun yang ke 7. Dia masih sekolah kelas satu SD. Biasalah anak kecil masih umur segitu masih lucu – lucunya.

Hari senin kemarin, sepulang sekolah dia dapat pr dari sekolah. PR membuat puisi. Temanya “ibuku”. Mungkin sekaligus memperingati hari kartini, jadi dipilih tema “ibuku”. Mamanya nyuruh saya untuk bantuin bikin. Saya iyain saja, toh anaknya juga cerdas, psati ga bakalan susah lah. Lah ini puisi hasil buatannya

ibuku

aku sayang ibuku

kau bekerja setiap waktu

aku tak ingin kau sakit

karena menjagaku setiap hari

 

Sudah. Titik. Tidak pakai koma. Cukup segitu. Capek katanya. Paginya sebelum berangkat sekolah tante saya bilang

“mas hery bantuin puisinya banyak banget yaaaa”

Saya cuma nyengir -nyengir saja dibilang begitu. haha. Pas pulang sekolah saya tanya ke anaknya

“gimana dek puisinya?”

“yang lain pada banyak – banyak mas, ada yang 15 halaman, 20 halaman”

“15 halaman? karangan kali tuh bukan puisi?”

“enggak puisi itu, 15 halaman”

“baris mungkin”

“eh iya, 15 baris”

“trus punya ibang gimana?”

“ya nggak papa”

Ya begitulah. Itu juga sebenarnya buatan dia sendiri. Saya cuma bantuin nemenin bikin. Dia bilang gini saya iya in, dia bilang gitu saya iya in juga.

5 thoughts on “Puisi “ibuku””

Leave a Reply

