Untung Ruginya Naik Busway

Busway atau trans jakarta adalah salah satu transportasi umum yang ditujukan untuk bisa mengurangi kemacetan. Dengan fasilitas dan jalur khusus busway ini diharapkan mampu menarik para pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum.

Semenjak tinggal di Jakarta, saya lebih sering bepergian dengan angkutan umum. Busway lebih tepatnya. Kenapa? karena saya belum terlalu mengenal daerah sini. Jadi lebih simpel pakai angkutan umum. Pernah saya coba naik motor, ujung-ujungnya malah nyasar. Saya tidak sampai ke tempat tujuan malah sampai ke tempat lain. Padahal saya sudah mengikuti petunjuk jalan yang ada, tapi tetap saja nyasar. Kalau begini ini, siapa yang salah? Saya atau petunjuk jalannya?

Nah, yang namanya naik angkutan umum pasti ada untung ruginya.Sebelum ngomongin apa ruginya, mendingan kita ngomongin untungnya dulu

1. Murah Meriah

Ini keuntungan yang paling pertama dan utama. Terutama bagi anak kosan. Murah Meriah. Cuma hanya dengan 3500 perak saja, sudah bisa mengelilingi jakarta. Tinggal transit di halte – halte tertentu untuk berpindah jalur atau biasa dibilang koridor. Selama belum keluar dari halte tersebut, kita tidak perlu membeli tiket lagi.

2. Bebas Asap Rokok

Busway ini dilengkapi dengan ac. Jadi penumpang tidak perlu khawatir kepanasan di jakarta yang panas ini. Selain itu, penumpang didalam merokok di dalam bis. Bebas asap rokok. Jadi bagi orang tua yang mengajak anaknya tidak perlu khawatir dengan asap rokok lagi.

3. Bersih

Penumpang busway dilarang makan dan minum di dalam bis.. Walaupun sudah begitu di dalamnya tetap saja disajikan tempat sampah kecil. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dalam bis.

Itu untungnya, sekarang tinggal ngomongin ruginya

1. Penuh

Busway diadakan memang bertujuan untuk menarik pemakai kendaraan pribadi untuk beralih menggunakan kendaraan umum. Tapi jumlah busway yang dirasa masih kurang masih menjadi kendala. Pada jam – jam sibuk, busway ini penuh dengan penumpang. Bahkan terkadang walapun tidak pada jam sibuk, tetap saja kelebihan penumpang.

2. Terlambat

Busway memang sudah diberi jalur khusus sendiri, tapi terkadang tetap saja mengalami keterlambatan. Hal ini disebabkan oleh masyarakatnya sendiri yang suka menerobos jalur busway, sehingga menghambat perjalanan busway.

Untuk penumpang tidak perlu takut lagi dengan kasus pelecehan seksual yang sempat terjadi. Sekarang untuk penumpang pria  dan perempuan dibedakan tempat duduk dan berdirinya. Lalu untuk menambah keamanan ditambahkan juga cctv didalam bis.

Mungkin saja masih ada untung dan rugi yang lain yang belum saya ungkapkan. Bagi yang mau menambahkan silahkan bisa isi komen.😀

4 thoughts on “Untung Ruginya Naik Busway”

  1. Coba cek di paragraf ini :
    “Busway ini dilengkapi dengan ac. Jadi penumpang tidak perlu khawatir kepanasan di jakarta yang panas ini. Selain itu, penumpang didalam merokok di dalam bis”
    ada yang salah tuh kalimatnya.

    hmm naik busway itu harus nunggu dengan sabar karena lama banget datengnya, terus kalau kebagian berdiri di busway, serasa lagi naik pontang panting di dufan. Soalnya supirnya suka ngebut dan ngerem mendadak -___-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s