Normal is Boring

Beberapa waktu yang lalu saya baru saja selesai membaca buku. Judulnya sama seperti judul postingan saya kali ini “Normal is Boring”. Karangan Ira Lathief.  “Normal is boring” adalah buku tentang cara-cara pikir di luar kebiasaan yang bisa memicu untuk membuat terobosan kreatif baru dalam hidup. Setelah saya baca ternyata isi buku ini tidak jauh berbeda dengan “kreatif sampai mati”.

Ada beberapa pembahasan yang intinya sama.

1. Berbeda itu Aset

Terkadang kita menjadi malu karena berbeda. Kita justru merasa tidak percaya diri karena berbeda dengan yang lain. Tapi ternyata itu bukanlah kelemahan. Itu bisa jadi kelebihan kita, yang membuat orang lebih mudah mengenali kita karena kita berbeda. Dalam buku ini dijelaskan bahwa kimmy jayanti seorang model dengan kulit sawo matang dan rambut pendek mampu menjadi model terkenal. Dia berhasil sukses dengan perbedaan yang dimilikinya dari model – model lain. Orang kreatif tidak pernah takut menjadi berbeda, karena menurut mereka berbeda itu aset.

2.Think the opposite

Berpikir berlawanan arah. Mencoba membalikan cara berpikir kebanyakan orang. Seperti yang pernah dilakukan Yoris sebastian. Dia pernah menggagas acara musik dengan tema “i like moday” untuk musisi lokal di hard rock cafe. Awalnya acara ini sempat diragukan karena biasanya cafe hanya ramai saat akhir pekan. Tapi ternyata acara ini justru sukses besar.

3.Kembali ke jiwa anak-anak

Jadilah seperti anak kecil, tapi bukan kekanak – kanakan. Seperti apa? Anak – anak selalu bersikap spontan dan antusias. Mereka mempunyai daya imajinatif yang besar. Mereka tidak takut untuk bermimpi besar dan menerima tantangan yang besar.

4.Hambatan menjadi kreatif

Hambatan ini sebenarnya diciptakan oleh diri sendiri. Karena takut dianggap bodoh. Merasa sudah cukup tahu. Hal – hal ini yang bisa menghambat kreativitas.

5.Thinking outside the box

Mengubah persepsi terhadap sesuatu. Mencoba berpikir luas dan menghubungkan sesuatu dengan yang lain. Lalu kemudina berpikir kebalikannya. Ini bisa membantu untuk melatih thinking outside the box.

Itu mungkin beberapa pembahasan yang hampir sama antara normal is boring dan kreatif sampai mati. Kalau masih penasaran sama bukunya silahkan cari di toko buku kesayangan anda.

10 thoughts on “Normal is Boring”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s