Permainan dan Kenyataan

Beberapa waktu yang lalu sempat bernostalgia sama game yang sudah lumayan lama. Grand Theft Auto:San Andreas. Iya, masih pake yang lama, soalnya kalau pake versi yang baru, butuh spek yang lumayan gede. Anak – anak cowok pasti sudah pada tau game ini. Kalau yang cewek pada belum tau, saya maklumin deh. Jadi bagi yang cewek, tanya dulu sama cowoknya, baru lanjutin baca postingan ini. Apa? belum punya cowok? duh kasian… Ya udah, berhubung mungkin ada cewek yang belum punya cowok jadi ngga bisa nanya atau mungkin ada cowok yang belum tahu juga, dan berhubung juga saya orangnya baik hati, rendah hati, tidak sombong, rajin menabung, dan ganteng [yang ini kata emak], kebanyakan dan jadi bingung sendiri. Intinya saya mau jelasin sedikit deh tentang game ini.

Jadi, game GTA ini adalah salah satu game yang bertipe open world. Apa itu open world? Begini, dalam game ini kita akan memainkan satu tokoh atau karakter laki – laki cungkring yang harus menyelesaikan misi – misi yang diberikan. Misinya bermacam – macam, ada misi dari geng, ada juga misi kecilnya seperti jadi supir taksi atau masih banyak lagi yang lain. Kalau pengen tau banget, cobain main aja deh. Terus makin banyak misi yang dikerjakan, semakin luas juga kota atau tempat – tempat baru yang bisa dijelajahi. Sebenarnya main game ini gampang – gampang susah. Kalau saya kemarin banyakan gampangnya, soalnya saya pake cheat. Kalau ngga tau cheat saya biasa bilang ini “cara curang”. Apa itu cara curang?

Cara curang adalah jalan pintas bagi gamer yang frustasi gara – gara susah nyelesaiin game. Lebih frustasi dari pada ditolak cewek kalau yang ini. Caranya gampang, tinggal masukin kode – kode rahasia ke game nya. Kode nya bisa berupa kata kata yang diketik, atau juga bisa berupa software tambahan. Nah berkat ini misinya bisa lebih gampang buat dikelarin. Misalnya, dalam game gta ini, saya membuat life point saya ngga bakal habis, walaupun itu ditembaki polisi ataupun ketabrak mobil bahkan jatuh ke jurang sekalipun. Lalu saya juga membuat uang saya menjadi tidak terbatas, jadi saya bisa beli semua aset, rumah, atau perlatan yang berguna buat misi. Sebenarnya masih banyak kode lain yang bisa saja saya masukan, tapi saya tidak memasukan semuanya, kalau saya masukan semua, jadi tidak ada misi yang bisa dikerjakan. Bukan cuma game ini saja kok, game – game lain juga ada cheat nya kalau mau nyari.

Nah sekarang, pernah kebayang ngga kalau misalnya, kehidupan yang kita jalani seperti game itu. Ada cheat atau kode rahasia yang bisa kita pake. Bisa bayangin ngga? Udah bayangin dulu bentar. Betapa mudahnya hidup kita, dengan kekayaan yang tak terbatas misalnya, kita bisa ngelakuin apa saja. Mau mobil tinggal ambil, pengen rumah langsung beli yang mewah, ngga perlu pake kredit. Dan kalau pas lagi bulan puasa gini, saya mau mengatur waktu. Habis kelar sahur trus waktu dipercepat tiba – tiba buka. Muahahahahahaaaa… Kalau kalian sendiri, seandainya bisa nge cheat hidup kalian, apa yang bakalan kalian lakuin?

Woy, udahan dulu bayanginnya. Sekarang balik lagi ke realita dunia nyata. Kalau di dunia ini ada cheat, mungkin juga yang namanya maling ngga bakalan ada, apalagi koruptor. Karena semua masalahnya bisa dikelarin dengan gampang. Mungkin awalnya akan terasa menyenangkan, menjalani hidup, tapi lama kelamaan? Pasti bakal bosen. Kenapa, karena hidup jadi terlalu mudah. Tidak ada tantangan yang bisa dihadapi. Tidak ada masalah. Hidup akan jadi terasa hambar dan datar. Apa enaknya hidup datar dan hambar seperti itu, sayur aja kalau hambar tidak enak. Mungkin kita bisa mendapatkan sesuatu dengan gampang tanpa melalui proses dan perjuangan. Kalau sudah bosan lalu dibuang dan cari hal baru lagi. Tidak akan ada juga yang namanya tanggung jawab, tidak akan ada yang namanya proses. Kita jadi tidak menghargai apa yang sudah kita dapat.

Jadi sesulit apapun hidup, jalanilah. Hadapilah masalah yang ada, jangan lari. Jangan pernah mengambil jalan pintas yang katanya dianggap pantas. Kalau melakukan kesalahan, itu wajar. Kita tak akan pernah belajar kalau tidak pernah salah. Kita juga tidak akan tahu hal yang benar kalau tidak ada yang salah. Bertanggung jawab pada pilihan yang diambil. Hargai dan syukuri apa yang sudah dimiliki. Semuanya ini hanya proses. Dan sebuah proses itu nikmat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s