Bisnis Properti Semakin “Memanas”?

Saung Tinta Jalanan

Kalau boleh saya lihat, bisnis properti di Indonesia semakin lama semakin bagus. Bagaimana tidak, Indonesia dengan berbagai macam pulau, daerah yang begitu luas, dan didukung dengan SDA yang masih berlimpah menjadikan bisnis properti menjadi primadona di beberapa tahun mendatang. Tingkat pendapatan tiap individu yang semakin meningkat, akan lebih mempercepat pertumbuhan bisnis ini, apalagi tidak sedikit orang yang memang ingin memiliki hunian yang praktis, tanpa harus membangun dari awal.

Tapi, terkadang kenyataan tidaklah selalu mulus kan? Banyak faktor yang memang memengaruhi bisnis properti ini. Salah satu batu sandungan, tak lain karena ababilnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Beberapa pengembang juga memproyeksikan kondisi ini akan mempengaruhi bisnis properti secara makro memasuki akhir tahun 2013 hingga awal tahun depan.

Ali Tranghanda selaku Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, ada dua masalah yang dianggap fundamental dalam bisnis properti  untuk saat ini. Pertama, 2013-2014 merupakan salah…

View original post 615 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s